Pages

Thursday 24 October 2013

Indahnya Silaturahmi


Betapa indahnya ketika sesama muslim saling bersilaturahmi, sesama muslim adalah saudara, ketika dengan saudara kita berkunjung, itu artinya kita sedang menjaga tali persaudaraan. Apapun status saudara kita, entah dia miskin, kaya, menyebalkan, pelit ataupun suka pamer dan sebagainya kita harus tetap berusaha baik dengan mereka meskipun mereka mungkin akan menyakiti hati kita. Menanamkan positif thinking itu penting, dan aku mencoba untuk positif thinking dengan orang-orang disekelilingku tanpa mengabaikan kewaspadaan. Sabtu ini sudah kurencanakan untuk berkunjung kerumah bulikku di bantul, tepatnya ba’da asar aku mengajak teman satu kostku sofika berkunjung kerumah bulikku itu. Sudah sebulan aku tidak mengunjungi mereka, dan kebetulan aku dititipi uang untuk anak-anakk bulikku jadi sekalian berkunjung melihat keadaan mereka. Sebelum aku sampai tempat tujuan aku mengajak sofi berhenti pada sebuah toko untuk membeli sesuatu, aku tak asing dengan toko itu karena toko itu milik budeku, tapi sofika tak tau jika itu toko kerabatku. Tak sengaja ketika aku masuk ternyata ada hal yang tak biasa, yah pemilik toko ada di toko. Seseorang melihatku dengan seksama dan setengah pangling, aku dekati dan kusalami tangannya dan serpihan ingatan-ingatan tentangku mulai mengumpul diotaknya, dia mulai mengingatku, dia adalah adik budeku dia langsung menyuruhku untuk menemui kakanya, aku temui budeku yang sedang sibuk ngobrol dengan koleganya, dia menayakan siapa aku, aku agak kaget masa budeku tak mengenali aku, tanpa pikir panjang aku tegaskan namaku dan dia mulai mengingatku, dia pangling katanya melihatku yang jadi putih langsing dan cantik. Oh ini bagiku bukan pujian tapi menyakitkan, semua itu mungkin karena efek busana yang kukenakan, aku memakai kaos causwel hitam polos  dan rok jeans yang kumasukkan kemudian kuselipkan sabuk yang simple tapi anggun dan aku memakai jilbab segi empat bermotif dengan bros yang menempel didekat pundakku. Kukenalkan sofi pada kedua budeku itu dan budeku pemilik toko menyambut dengan ramah, yah selama ini aku agak sungkan jika harus berkunjung ketempat budeku yang kaya itu, aku merasa orang-orang disekitarnya kurang wellcome denganku yang hanya seorang mahasiswa miskin. Tapi aku berusaha untuk positif thinking dan aku buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif itu, menunggu lama untuk aku bisa mengobrol dengan budeku yang sibuk itu dan akhirnya kami ngobrol meski tak lama, seperti yang sudah kuduga, dia menceritakan tentang bisnisnya dan mencoba mengajakku untuk kerja part time di cafe barunya nanti.dan mungkin dua bulan lagi cafe baru itu akan dibuka. Oke harus tetap positif tingkin disela-sela kesibukannya tanpa pikir panjang kumulai pembicaraan yang intinya apakah aku bisa nantinya mencari sponsor kegiatan melalui beliau, dan beliau menjawab dengan enteng menyanggupinya. Semua diluar dugaan. Dan sofi sepertinya sanagat kagum dengan sosok budekku yang multi talenta itu dan aku berusaha untuk mengimbanginya agar tdak terlihat kaku. Aku segera berpamitan pulang karena hari sudah semakin sore dan aku harus menuju tempat tujuan utama yaitu kontrakan bulikku yang berbanding 180 derajat dengan budekku itu. Tapi keluarga bulikku sangat berjasa untukku selama aku di jogja ini. Aku menuju tempat tujuan utama dan aku tak membawa jajan untuk adik-adik sepupuku itu, ah aku tadi tak jadi membeli sesuatu. Kuliahat binar bahagia dari adik-adikku ketika aku datang begitu pula dengan pak lik dan bulik, kami berdua masuk dan disuguhi teh manis serta batagor. Kami bisa nobrol santai sambil menikmati batagor dan kuberikan uang yang dititipkan embah untuk adik-adik sepupuku itu. Semua kejadian hari ini diluar dugaan dan rencanaku, ini adalah sknario Allah untuk mengajakku merajut kembali tali persaudaraan yang agaknya mulai merenggang. Sekenario Allah itu begitu indah dan aku tidak tahu entah sekenario apa lagi yang Allah persiapkan utnutkku. Kejadian hari ini pasti adamaksudnya, entah apa pasti ada maksudya. Ya Allah Thanks for this day, it is beautifull day.

No comments:

Post a Comment