Pages

Thursday 22 August 2013

resensi

Judul buku          : How To Master Your Habits
Penulis                : Felix Y. Siauw
Cetakan               : ke-2, April 2013
Penerbit               : AlFatih Press
Tahun terbit         : 2013
Buku yang berjudul How To Master Your Habits karya Felix Y. Siauw ini mendiskripsikan tentang habits yang harus dibentuk dalam diri setiap manusia. Buku How To Master Your Habits di kemas dengan sangat apik. Buku yang bersampul putih ini cukup menarik untuk dibaca. Buku How To Master Your Habits ini bukanlah buku motivasi atau sejenisnya, dalam buku ini berusaha membuktikan bahwa setiap orang dapat melakukan segala hal dan pekerjaan secara otomatis, dan semua itu dapat terjadi apabila sudah ditanamkan habits dalam diri orang tersebut.
Dalam buku How To Master Your Habits ini di bagi menjadi banyak bab namun peresensi akan merangkumnya yang intinya mencakup semua bab.
Saat ini banyak sekali buku-buku motivasi ataupun pelatihan-pelatihan motivasi yang mulai menjamur, namun ditemukan sebuah data bahwa motivasi hanya berpengaruh 11% - 35% dalam keahlian dan sisanya terletak pada pembiasaan atau habits.
Dan kesuksesan yang ingin diraih adalah hasil dari habits yang sudah terbentuk secara berangsur-angsur, apabila kita telah menguasai habit maka kita takkan dikuasai oleh habit. Dan perlu diketahiu mengaendalikan habits adalah sebuah pilihan. Saya kutip dari buku How To Master Your Habits “ habits adalah pelayan kita, pekerja kita seandainya kita telah cukup mengajarinya maka mereka akan melakukan hal itu secara otomatis”.
Memanag perlu waktu untuk bisa melakukan sesuatu dengan benar, dan perlu banyak waktu untuk membentuknya menjadi habits  kita, dan perlu lebih banyak lagi waktu untuk menjadi expert dalam hal itu, dan mungkin perlu seumur hidup untuk menjadi master dalam bidang yang kita inginkan.
Sebuah penelitian menyampaikan bahwa seseorang baru akan menjadi ahli dalam bidang yang dia pilih apabila telah berlatih selama 10.000 jam di bidang tersebut.
Namun dalam membentuk habits juga harus hati-hati karena ada habits yang mudah sekali terbentuk yaitu habits kemalasan, bukannya kita yang menguasai habits malah kita yang dikuasai habits buruk. Dan untuk membentuk habits dalam bidang yang kita inginkan disarankan dengan repetition dan practice. Apabila kita mempraktekan habits kita dan dilakukan secara berulang-ulang, konsisten atau istikomah maka keahlian tersebut akan dapat dikuasai dan bekerja secara  otomatis.
Bagi sebagian besar orang keahlian adalah perkara bakat, namun bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengulangan.
Kekurangan dalam buku ini yaitu tidak dicantumkan daftar isi, sehingga pembaca tidak dapat mengetahui ada berapa subbab dan bab yang terdapat dalam buku kecuali kalau pembaca menghitungnya sendiri. Tetapi yang paling penting adalah isi dari buku. Karena tidak sesuatu yang sempurna di dunia ini kecuali sang pencipta.



No comments:

Post a Comment